ads

Jangan Salah, Ternyata Virus Komputer Juga Punya Siklus Hidup

Tags:

Virus komputer juga punya siklus hidup
Gambar
Soungaunga—Siklus hidup hewan, siklus hidup tumbuhan, siklus hidup manusia dan bagaimana dengan siklus hidup sebuah program pengganggu komputer ini? Nah, itu dia yang ingin Soungaunga bahas pada kesempatan kali ini.


Secara sederhana, virus komputer merupakan sebuah program yang memiliki tujuan hidup dan berkembang untuk merusak umat komputer bahkan penggunanya sekalipun. Kenapa tidak, dengan kemampuan untuk menggandakan diri, memanipulasi data, menginfeksi serta merubah sebuah program komputer maka si pengguna rasanya ingin menonjok si virus ini. Wah, ngeri bukan, soalnya si virus seperti iblis dikalangan manusia ternyata. Iya dong.

Olehnya, sebelum lebih jauh mengenal virus komputer, maka terlebih dahulu kita mengenal siklus hidupnya. Yaitu sebagai berikut :

1. Fase diam atau istrahat

Kaget? Ternyata bukan hanya benih saja yang memiliki siklus dorman, virus juga memilikinya. Pada fase ini, virus tidak aktif alias istirahat, mungkin lagi kecapekan. Dan aktif pada kondisi tertentu, namun yang harus kamu ketahui juga bahwa sebenarnya tidak semua virus melewati fase ini.

2. Fase berpencar

Untuk berpencar, sebelumnya si virus menggandakan dirinya pada suatu program atau ke tempat media penyimpanan data, misalnya hard disk, flash disk, CD, disket, dan lain-lain. Sehingga tidak jarang ketika kamu memasukkan flash disk atau sejenisnya ke komputermu maka jangan heran kalau suatu saat flashnya di cek yang terjadi filenya banyak klonning atau tiba-tiba berganda dan bahkan ter-hidden. Untuk kerja virus di fase ini tergantung dari bagaimana si virus menginfeksinya. Jadi jangan terlalu takut, cukup kaget saja.

3. Fase aktif 

Untuk fase aktif sendiri, disini virus akan mulai beraktifitas sesuai perintah dari induk atau penciptanya. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengaktifkan virus. Salah satunya dengan pengaktifan tanggal atau pengeksekusian oleh pengguna komputer. Jadi jangan heran kalau melakukan pembersihan pada penyimpan data, kamu malah kaget kalau kinerja komputermu menjadi lambat. Artinya si virus mulai aktif untuk menghindari pengeksekusian yang kamu lakukan sendiri. Bukan berarti si virus hanya diam dengan senjata yang kamu todongkan padanya.

4. Fase eksekusi

Nah ini dia fase yang mengerikan, dimana pada fase ini virus yang telah aktif tadi akan mengeksekusi. Seperti menghapus file atau menampilkan pesan-pesan yang kamu kadang tidak mengerti. Jadi, jika muncul pesan, jangan main-main klik “ok”, takutnya kamu hanya menyepakati untuk mengeksekusi filemu sendiri. Adakalanya kamu harus tanya ke om Google ketika muncul pesan-pesan yang kamu tidak mengerti.

Demikianlah artikel tentang Siklus hidup virus pada komputer Anda. Jadi, jangan mengira bahwa virus tidak menggerogoti komputer Anda secara menyeluruh! Itu kesalahan yang fatal.(YS) Soungaunga

Post a Comment

Paling banyak dibaca